Jumat, 18 Oktober 2013

pantai indah di kecamatan pulau banyak barat

Pulau Banyak Barat 
benarkah yang dulunya Pulau Banyak Barat bernama Pulau Tuanku dan Juga sering dikenal dengan sebutan Haloban.
Pulau Banyak Barat merupakan sebuah kecamata baru dari 11 kecamatan yang terdapat di Kabupaten Aceh Singkil, Profinsi Aceh. Pulau Banyak Barat dulu awalnya masih terdiri dari satu kecamatan yaitu kecamatan Pulau Banyak, dan sekarang sudah terpisah menjadi Dua Kecamatan yaitu: Kecamatan  Pulau Banyak, dan Kecamatan Pulau Banyak Barat.

Kedua Kecamatan ini berjarak tidak jauh, perjalanannya berkisar antara 25 menit jika menggunakan spitt bot dan 2 jam menggunakan transportasi sederhana atau robin/perahu, bott (Biduk masin garejo), sedangkan jarak tempuh ke kabupaten Aceh Singkil, berkisar 3-4 jam dari Kec. P. Banyak dan 5-6 jam dari Kec. Pulau Banyak Barat, perjalanan tersebut menggunakan Kapal Bot dan lain sejenisnya.

Kecamata Pulau Banyak dan Kecamatan Pulau Banyak Barat Memiliki jumlah gampong yang berbeda. Pulau banyak memiliki jumlah kampongnya tiga gampong, yaitu Gampong Pulau balai, Pulau Baguk dan Teluk Nibung, sedangkan Kecamatan Pulau Banyak Barat memiliki jumlah gampongnya terdiri atas empat gampong, yaitu Gampong Haloban, Asantolah, Ujung sialit dan Suka Makmur.
Kecamatan Pulau Banyak Barat di pinpin oleh camat yang bernama M, Hasbi, SH.

 
Pulau Banyak Barat dan Pulau Banyak

masing-masing memiliki singkatan nama, yaitu PBB singkatan dari Pulau Banyak Barat, dan Pulau Banyak di singkat menjadi PB
dua Kecamatan ini memiliki pantai-pantai yang indah di sekitarnya, hampir rata-rata pantai tersebut pasir putih dan laut biru, dibandingkan dengan pantai yang lain mungkin tidak kalah jauhnya, pantai yang ada di sekitar PBB dan PB masih alami tidak ada istila beli tiket, bayar parkir dan lain sebagainya jika kita banding dengan pantai yang lain masuknya harus beli tiket, dan bagi yang berkendaraan baik itu kendaraan roda dua dan roda empat meski harus bayar parkir. pantai PBB dan PB menggunakan transportasi jalur laut seperti Spit bot, robin garejo, kapal bott dll. Jika ingin melihat fotonya silakan kunjungi disini


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar